Sejarah Memperingati Hari Pohon Sedunia (World Tree Day)

Sejarah Memperingati Hari Pohon Sedunia (World Tree Day)

Hari Pohon Sedunia atau World Tree Day diperingati pada tanggal 21 November setiap tahunnya. Hari Pohon Sedunia merupakan hari penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pohon.

Sejarah

Sejarah Hari Pohon Sedunia atau World Tree Day dimulai pada abad ke-19 di sebuah desa di Nebraska, AS, seperti diberitakan dalam website The Garden of Peace dan website resmi LHK Keamanan dan Penegakan Hukum Wilayah Sulawesi.

Seorang pria bernama Julius Sterling Morton pindah bersama keluarganya ke sebuah desa kecil. Begitu Anda memasuki area tersebut, Anda akan melihat tidak ada pepohonan yang menutupi daratan. Julius yang merupakan pecinta pohon, percaya bahwa pohon memiliki manfaat besar bagi ekosistem dan kehidupan manusia.

Ia juga ingin mengajak warga untuk menjaga lingkungan dengan menanam pohon. Pada tahun 1872, Julius meyakinkan masyarakat Nebraska untuk menanam ribuan pohon, mengubah kawasan tersebut menjadi lingkungan yang lebih hijau.

Julius menyarankan agar kami menentukan hari penanaman pohon tersebut. Tanggal 21 November telah dikenal sebagai Hari Pohon Sedunia atau World Tree Day.

Hari Pohon Sedunia dirayakan pertama kali di Spanyol dengan kegiatan penanaman pohon. Hari Pohon Sedunia dikenal juga sebagai Arbor Day yang diambil dari bahasa latin dengan arti pohon.

Manfaat Menanam Pohon

  • Membersihkan udara

Pohon membersihkan udara dengan sangat efektif. Ini menyerap polutan seperti nitrogen oksida, ozon, amonia, dan sulfur dioksida dari udara yang kita hirup. Pohon menyerap bau dan juga bertindak sebagai penyaring partikel kecil yang terperangkap di daun. Oleh karena itu, menanam pohon di rumah dapat memberikan udara yang lebih baik untuk kesehatan pernapasan Anda.

  • Dapat Meningkatkan Fungsi Kognitif

Penelitian menunjukkan bahwa dekat dengan alam, seperti pepohonan, dapat meningkatkan fungsi kognitif.
Manfaat-manfaat ini nampaknya sangat besar bagi anak-anak. Selain itu, menghabiskan waktu di dekat pohon terbukti mengurangi stres, meningkatkan energi, dan bahkan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika anak Anda menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), menghabiskan waktu di alam dekat pepohonan juga dapat mengurangi gejalanya secara signifikan. Nah, jika Anda menanam pohon di sekitar rumah, Anda tidak perlu lagi pergi ke hutan untuk menikmati manfaat pohon bagi kesehatan mental dan fisik Anda. Namun Anda dan keluarga dapat menghabiskan waktu di taman dan memperoleh manfaat dari pohon yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan.

  • Membantu mencegah banjir

Banjir rumah merupakan bencana yang tidak hanya menimbulkan kerusakan, namun juga merugikan secara ekonomi. Oleh karena itu, penting untuk mencari cara agar rumah Anda tidak banjir saat hujan lebat. Cara yang efektif adalah dengan menanam pohon di sekitar rumah. Pepohonan menjadi penghalang antara rumah Anda dan air masuk serta membantu mencegah banjir. Selain itu, akar pohon menyerap banyak air dan mencegah kelebihan air masuk ke dalam rumah. Inilah keuntungan menanam pohon di sekitar rumah anda. Jadi, tidak ada salahnya memikirkan untuk menanam satu atau dua pohon di taman Anda. Untuk menjaga kesehatan keluarga Anda, ingatlah untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda melalui makanan sehat sehari-hari. Anda juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen vitamin.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sejarah Memperingati Hari Televisi Sedunia Previous post Sejarah Memperingati Hari Televisi Sedunia
sejarah-dan-lambang-memperingati-hari-korpri Next post Sejarah dan Lambang Memperingati Hari KORPRI