Sejarah Awal Berdirinya Universitas Islam Negeri Datokrama Palu

Sejarah Awal Berdirinya Universitas Islam Negeri Datokrama Palu

Sejarah Awal Berdirinya Universitas Islam Negeri Datokrama Palu- Halo balik lagi nih sama mimin. Kali ini mimin bakal bahas sejarah awal berdirinya Universitas Islam Negeri Datokrama Palu. Universitas Islam Negeri Datokrama Palu merupakan sebuah perguruan tinggi negeri berbasis agama Islam yang berada di kota Palu, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. UIN Datokrama berdiri atas Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 tepatnya pada tanggal 12 Dzulqaidah 1417 hijriah dan diberi nama Datokrama yang merupakan pendakwah dan pemeluk agama Islam pertama di lembah Palu.

Atas ajakan dan keinginan dari beberapa tokoh cendekiawan muslim yang berasal dari kalangan perguruan negeri, pemerintah, ulama, dan zu’ama yang ada di Kota Palu, pada bulan Mei tahun 1966 dibentuklah sebuah panitia yang berinama Panitia Persiapan Pendirian IAIN Datokrama Palu serta bekerja sama dengan IKIP Ujung Pandang Cabang Palu, UNTAD Cabang UNHAS di Palu, Dukungan moril dan fasilital materil yang diberikan pemerintah daerah, panitia yang telah dibentuk tersebut berhasil mendirikan sebanyak dua fakultas secara bersamaan yaitu Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Ushuluddi. Fakultas Tarbiyah dipimpin oleh KH Zainal Abidin Betalembah yang menjabat selaku Dekan dan Drs Buchari sebagai wakilnya.

Selain Fakultas Tarbiyah, berdiri pula Fakultas Ushuluddin yang dipimpin oleh KH M Qasim Maragau dan Drs H F Tangkisan yang menjabat sebagai wakilnya. Berdirinya kedua fakultas tersebut menjadi pilar awal persiapan dan perjuangan dalam mewujudkan berdirinya IAIN Datokrama Palu serta mendapatkan sebuah respon yang cukup positif dengan adanya pendaftar sebanyak 125 orang pada penerimaan mahasiswa baru pada tahun akademi 1966/1967.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Mengenal Universitas Trunojoyo Madura, Yuk Kepoin!
Next post Tips Kuat Puasa Ramadhan, Buruan Terapin!