Sejarah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Yuk Kepoin!

Sejarah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Yuk Kepoin!

Sejarah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang- Halo gais balik lagi sama mimin. Kali ini mimin bakal bahas sejarah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Universitas Islam Negeri (UIN) Malang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Presiden No 50 pada tanggal 21 Juni tahun 2004 silam. Universitas ini awalnya berdiri atas gagasan para tokoh Jawa Timur untuk mendirikan sebah lembaga pendidikan tinggi Islam dibawah Departemen Agama dan kemudian dibentuklah Panitia Pendirian IAIN Cabang Surabaya melalui Surat Keputusan Menteri Agama No. 17 Tahun 1961 yang mempunyai tugas untuk mendirikan fakultas syariah di Surabaya dan juga fakultas tarbiyan yang berkedudukan di Malang.

sumber: th.bing.com

Dalam perkembangannya, ketiga fakultas tersebt digabung dan secara struktural berada di bawah naungan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel yang didirikan berdasarkan dari Surat Keputusan Menteri Agama No. 20 Tahun 1965.

Sejak saat itulah ditetapkan bahwa Fakultas Tarbiyah Malang merupakan salah satu cabang dari IAIN Sunan Ampel yang beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malang bersamaan dengan perubahan status kelembagaan semua fakultas cabang di lingkungan IAIN yang ada di Indonesia dengan berjumlah sebanyak 33 fakultas.

Baca juga: Profil Intitut Teknologi Bandung yang Harus Kamu Ketahui!

Dalam paruh waktu kedua periode pengembangan STAIN Malang merencanaan perubahan statur kelembagaannya menjadi universitas dan melalui upaya yang sungguh-dan bertanggung jawab usulan menjadi universitas disetujui Presiden melalui Surat Keputusan Presiden RI No. 50, tanggal 21 Juni 2004 dan diresmikan oleh Menko Kesra yang menjabar saat itu ad Interim Prof. H.A. Malik Fadjar, M.Sc bersama Menteri Agama Prof. Dr. H. Said Agil Husin Munawwar, M.A.

Atas nama Presiden pada 8 Oktober 2004 dengan nama Universitas Islam Negeri (UIN) Malang mempunyai tugas utama yaitu menyelenggarakan program pendidikan tinggi bidang ilmu agama Islam dan bidang ilmu kategori umum. Dengan keputusan demikian, 21 Juni 2004 menjadi hari jadi Univertitas tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Profil Intitut Teknologi Bandung yang Harus Kamu Ketahui!
Next post Profil Institut Pertanian Bogor, Kampus Penuh Inovasi!